Monday 16 November 2015

Sejarah Komputer Generasi 1-5

Pengertian komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untukmenggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan
masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

Generasi 1

(1939-1954)-> Tabung Hampa.
- David I Gotech -> Upaya untuk mendapatkan suatu produk yang dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan peralatan proses dan SDM.
- Arnold Racey -> Teknologi tetap terkait pada pihk-pihak yang terlibat pada perencanaannya sehingga teknologi tidak bebas, organisasi tidak bebas, budaya dan sosial serta ekonomi dan politik.
- John V Atonosoff -> merancang komputer digital pertama. Lampu dop yang dirancang di setiap hambatan (pengganti resistor).
- Clifford Bery -> Prototipe
- (1941)  Konrad Zuse -> di Jerman membuat Z3 secara rahasia.
- (1951) UNIVAC
- (1954) Pesawat terbang SAGE di dalamnya terdapat komputer tabung hampa oleh MITs Lincon Lab.

Generasi 2

• Pada 1953, Tom Watson memimpin IBM dan mengenalkan computer model 604 yaitu computer pertama yang menggunkan transistor.
• 608 (1957) dan dijual untuk umum.
• 1955 -> computer bisnis, seri 7022.
• NBS (1950) adl Nasional Bureau of Standar -> SEAC (Standar Eastrem Automatic Computer) yaitu memperkenalkan 10.000 GERMANIUM dirancang oleh Jacob Rabinow. Ia juga merancang disk drive magnetic.
• Ditemukan ATM 1974 didahului pada tahun 1959 perusahaan General Electric Corporation mengirimkan computer berbasis ERMA (Electronic Recording Mechine Accounting).
1947->Transistor Radio :
• John Bardeen
• Walter Brattain
• William Shockley
Regency Transistor Radio = Radio murni

Generasi 3


1959 Jack Kilby
IC -> berbasis germanium (seperti magnet hitam) -> saling mengkoneksikan hambata-hambatan.
(1964)-> IBM -> SABRE-> mereservasi tiket pesawat.
(1968) -> DEC -> memperkenalkan computer mini pertama kali PDP-8.
DEC berdiri tahun 1957 oleh Kenneth H. Olsen.
 Smith Sonian NMAH menemukan :
1. (1961) IC -> Polaroid
2. (1971) IC -> Audio di produksi untuk jalur audio pada peralatan pertama kali dibuat.
Pendeteksi suara manusia atau hewan.
3. (1972) IC -> Transistor Calculator

Generasi 4




Gilbert Byatt & Ted Hoff
(computer corporation) mematenkan mikro prosesor.
Pada suatu hari dia memperkenalkan prosesor 4 bit yang fungsinya ke kalkulator. Dia juga memperkenalkan memori disk 8 inchi pertama kali.
1972 intel  -> mikro prosesor 8  bit ser : 8008 dan 8080.
Atari ->Bushnell
(1973) IBM membuat hard disk yang pertama yang disebut Winchesten.
Robet Metcalfe di Xerox-PARC membuat eternet LAN
3COM ->
1976 -> steve Job & Wozmak membuat apa?
                Woz dan Jobs kemudian dipertemukan, karena keduanya tertarik pada bidang yang sama yaitu elektronik. Maka pada tahun 1976 Jobs dan Woz mulai mendirikan perusahaannya sendiri yang bernama Apple Computer.
            Salah satu sumbangsih paling nyata Woz untuk Apple Computer adalah dua buah rancangan komputer karyanya, yaitu Apple I dan Apple II. Dan itu merupakan produk pertama Apple Computer yang memulai petualangan luar biasanya bersama Jobs. Dan karena Apple I dan Apple II inilah kemudian Steve Wozniak dianggap sebagai pelopor dari masuknya komputer ke dalam kehidupan rumah pribadi.
Apple I (Apple-1), dengan tampilan yang masih sangat sederhana dan berbahan kayu. Merupakan cikal bakal dari kejayaan Apple. Produk Apple pertama ini pertama kali ditunjukkan ke publik pada April 1976 di Homebrew Computer Club di Palo Alto, California dan mulai dijual pada Juli 1976 dengan harga $ 666.66.
1977 jepang memperkenalkan super Mario. Alatnya apa?
                Pada tahun 1977, Nintendon di Jepang mulai membuat komputer game yang menyimpan data pada chip didalam cartridge game, game yang paling populer yaitu Donkey Kong pada 1981 dan Super Mario pada 1985. Software spreadsheet Visicalc yang ditulis oleh Daniel Bricklin dan Bob Frankston pada tahun 1978. Micropro mengeluarkan wordstar yang merupakan standar untuk software pengelola kata pada tahun 1979.
1978 Daniel Bricklin & Bob Frankton -> menemukan software apa?
                1978 - Software spreadsheet Visicalc ditulis oleh Daniel Bricklin dan Bob Frankston.

Generasi 5


(1991-sekarang)
·         Tim Bernes-Lee (1991) -> WWW (word wide web) dikeluarkan oleh CELN
·         (1993) -> Browser pertama kali disebut Mosaic dibuat oleh seorang pelajar Marc Andersen & Eric Bina (Programmer)
·         (1994) -> Netscape Navigator diberikan seacara gratis di pasar Bowser dunia. sebelum Fungsi : peramban Internet
·         (1996) -> IE (Internet Explorer) oleh Microsoft

SISTEM KOMPUTER
Dari sebuah computer
Protocol : aturan2 dasar dalam komunikasi antara computer dan peralata input output beserta pemrogamannya.
CPU (Central Pocessing Unit)
Memory
Input Output
CPU -> tempat berlangsungnya proses berhubungan dengan data yang diolah
Memory -> tempat menyimpan program yang sifatnya tetap. Terdapat pada ROM (Read Only Memory), RAM (Random Acess memory) bisa dihapus/diedit dan sewaktu-waktu bisa hilang jika listrik mati.
(2005) -> Matematika

Jenis computer berdasarkan prosesor
·         Super Computer dirancang khusus untuk bidang militer dan pemerintahan untuk keamanan yang bersifat rahasia berupa (data, pengelolaan dan manajement). Bentuk : ada yang seperti lemari. PC yang meningkat
·         Mainframe : computer prosesor yang mempunyai kemampuan besar Karena banyak pengguna. Bentuk : PC. Untuk anggota.
·         Mini Computer -> berbentuk PC komponennya lebih kecil.

ini adalah ringkasan dari saya. SEMOGA BERMANFAAT.... ;-)






No comments:

Post a Comment